Recommended Movie - VAMPIRE CLEANUP DEPARTMENT (救殭清道夫)


Judul Film        : Vampire Cleanup Department
Sutradara          : Yan Pak Wing
Pemeran           : Babyjohn Choi, Chen Siao Hau, Richard Ng, Lo Mang, Eric Tsang
Tanggal tayang : 16 Maret 2017

Di era 1980-an, film bertema Vampir China (baca : Jiang Shi) sempat meraih kepopuleran yang luar biasa setelah film Mr Vampire (1985) sukses luar biasa. Film Hong Kong bergenre horror-komedi arahan sutradara Ricky Lau itu seorang Pendeta Tao yang khusus menangani Jiang Shi dan harus berhadapan dengan Jiang Shi ganas yang gentayangan dan meneror masyarakat.

Film Mr Vampire tidak saja sukses di Hong Kong, tetapi juga sukses di seluruh negara Asia Tenggara. Selain dibuat hingga bersekuel-sekuel, film itu juga mengangkat nama aktor Lam Ching Ying dan Chen Siao Hao sebagai aktor papan atas Hong Kong spesialis film bertema Jiang She. Film bergenre Jiang Shi pun menjadi sebuah genre yang sangat populer di masa itu, sehingga banyak film bertema sejenis yang dirilis di era 1980 - 1990an.

Nah, lebih dari 30 tahun kemudian, kini sineas Hong Kong mengangkat lagi genre Jiang Shi ke layar lebar. Dan film yang dirilis adalah Vampire Cleanup Departement. Di film ini, Chen Siao Hao ikut bermain sebagai Pendeta Tao bernama Chau yang bertugas melawan Jiang She. Sayangnya, Lam Ching Ying tidak dapat bergabung dalam film tersebut karena telah meninggal tahun 1997 silam.

Film ini mengisahkan tentang Tim Cheung (Babyjohn Choi), seorang polisi muda, yang sedang menyidiki kasus pembunuhan sadis yang terjadi di tempat parkir sebuah pusat perbelanjaan. Saat sedang meneliti korban, tiba-tiba mayat di sana bangkit dan melompat-lompat ke arah Cheung. Saat dia panik, tiba-tiba muncullah Chau (Chen Siao Hao) yang segera membinasakan mayat hidup tersebut.

Ternyata Chau adalah Pendeta Tao yang juga anggota Vampire Cleanup Department, sebuah kelompok rahasia yang bertugas memusnahkan Jiang Shi yang bergentayangan di kota Hong Kong. Selain Chau, ada juga Chung (Richard Ng) yang tidak lain adalah Paman dari Tim Cheung.

Tim Cheung kemudian bergabung dengan kelompok itu, dan mendapatkan pelatihan langsung dari Pamannya.

Satu ketika, Tim Cheung secara tidak sengaja menyelamatkan mayat hidup wanita bernama Summer (Lim Min Chen) dari tangan Si Raja Jiang She (Lo Mang). Akibat perbuatan Tim Cheung, Raja Jiang She marah besar dan mengamuk. Vampire Cleanup Department pun bersiap untuk menghadapi pertarungan mati-matian melawan Si Raja Jiang She.

Sebagai film hiburan, sekaligus nostalgia film Jiang Shi era 1980-an, film Vampire Cleanup Department adalah film yang sangat menarik. Semua elemen film-film Jiang Shi era 1980-1990an ada di dalam film ini. Tentu saja kemasannya dibuat lebih modern dengan tambahan teknologi CGI, sehingga jauh lebih riil.



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment