10 Serial Anime Tersadis Saat ini ....

Banyak orang tua masa kini yang masih menganggap kalau film animasi - terutama animasi Jepang - adalah film untuk anak-anak. Wajar, mengingat di masa kecil dulu, mereka kerap menonton serial anime Jepang "edukatif" seperti Ikkyu-San, Candy Candy, Starzinger, Voltus V, God Sigma, dan lain-lain yang semuanya adalah serial "layak tonton" untuk anak-anak. Karena itu, dalam benak mereka, serial animasi Jepang masih menjadi tontonan "paling aman" untuk anak-anak mereka di zaman sekarang.

Padahal mereka keliru !!!!

Dengan berkembangnya pasar dan peminat film animasi, produsen film animasi kini sudah tidak lagi befokus hanya membuat film tersebut untuk anak-anak, tetapi juga

Tidak semua serial animasi layak ditonton anak-anak, mengingat ada juga beberapa genre serial animasi yang dibuat khusus untuk orang dewasa. Misalnya animasi bergenre "hentai" yang merupakan serial dewasa yang penuh adegan hubungan intim (baik sesama jenis, maupun berlawanan jenis) yang sangat tidak pantas ditonton anak-anak.

Selain itu, ada juga animasi bergenre "ecchi" yang menampilkan banyak adegan yang sifatnya "merangsang", seperti penggambaran bentuk tubuh yang sensual, serta pakaian karakter wanita yang digambarkan super seksi dan menggairahkan. Meski jarang menampilkan adegan bersetubuh, tetapi adegan-adegan demikian tentu sangat berbahaya ditonton anak-anak, terutama remaja yang sedang dalam proses pertumbuhan (baik fisik maupun hormonal).

Namun di antara semuanya, yang paling ekstrim adalah animasi bergenre "gore" di mana animasi ini menampilkan banyak adegan berdarah dan sadis, seperti adegan mutilasi, melukai orang dengan cara keji (menusuk mata, menyobek mulut / rahang, membelah dada / tubuh, menyayat bagian tubuh, mematahkan kaki, dan lain-lain), semburan darah dari tubuh secara berlebihan,

Kali ini saya akan tampilkan 10 serial animasi Jepang (Anime) yang sangat populer, dan kesemuanya merupakan serial animasi bergenre "gore" paling sadis yang pernah dibuat, karena menampilkan adegan pembunuhan yang tidak saja brutal, tetapi juga mempertontonkan banyak adegan dewas yang tidak pantas ditonton anak-anak.

Dengan daftar ini, saya berharap dapat membuka mata para orang tua, betapa berbahayanya tontonan film animasi masa kini. Apa yang menurut kita di masa lalu sebagai "tontonan anak-anak", saat ini sudah merupakan tontonan berbahaya yang dapat mengganggu pertumbuhan mental dan kejiwaan anak kita.

Adalah sangat bijak jika orang tua selalu meluangkan waktu untuk mendampingi anak-anaknya dalam menonton film, terutama sekali film animasi. Meski tampak sebagai tontonan anak-anak, jangan dikira film animasi aman untuk mereka tonton. Waspadalah... !!!!


1. ANOTHER (アナザー )
Anime yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Yukito Ayatsuji ini dirilis 10 Januari - 27 Maret 2012. Serial 12 episode yang diproduksi P.A. Works ini bersetting tahun 1972,mengisahkan tentang Misaki - seorang siswi populer kelas 3-3 SMP Yomiyama Selatan - ditemukan meninggal secara misterius di sekolah. Kematiannya yang sangat mendadak membuat banyak teman sekolah dan guru terpukul.

Karena itu, meski sudah meninggal, semua orang di sekolah masih menganggap Misaki hidup, dan memperlakukan seolah-olah siswi itu masih ada di antara mereka. Bahkan saat wisda, guru dan teman sekelasnya menyediakan tempat khusus untuk Misaki untuk berfoto wisuda. Yang mengejutkan, setelah foto jadi, tampak di foto seorang anak berwajah pucat persis Misaki berdiri di tempat kosong tersebut.

Dua puluh enam tahun kemudian, di Musim Semi 1998, seorang siswa baru bernama Koichi Sakakibara baru pindah dan bersekolah di Kelas 3-3 SMP Yomiyama. Di kelas itu, dia berkenalan dengan seorang siswi misterius bernama Mei Misaki, yang anehnya selalu diacuhkan oleh guru yang mengajar.

Tidak lama pasca kepindahan Koichi di kelas itu, satu-persatu siswa di kelas 3-3 meninggal dengan cara yang misterius. Kematian siswa-siswi kelas itu mengingatkan kembali para guru pada kasus kematian Misaki tahun 1972 silam. Apa sebenarnya yang terjadi saat kematian Misaki 26 tahun silam? Apa kaitan kematian Misaki dengan kematian siswa-siswi SMP Yomiyama, dan kehadiran Koichi di sekolah itu?

Serial animasi ini dengan cerdik "menipu" penonton dengan menampilkan adegan yang "biasa-biasa" di 2 episode awal. Tidak ada keseraman apapun, dan banyak bercerita tentang kehidupan para siswa SMP Yomiyama. Hal yang cukup mengganggu adalah selalu ada sekelebat gambar boneka-boneka berwajah aneh dengan kondisi tidak utuh di kedua episode tersebut, sehingga menimbulkan kesan seram, dan memunculkan perasaan depresi. Keseraman sebenarnya baru "dimulai" saat menginjak episode 3 di mana kesadisan demi kesadisan mulai ditampilkan dengan sangat vulgar, membuat siapapun yang menonton pasti akan merasa muak dan "sakit".



2. ATTACK ON TITAN (進撃の巨人)
Inilah anime paling populer saat ini di dunia. Diadaptasi dari manga berjudul sama karya Hajime Isayama, anime bertotal 25 episode yang tayang 7 April - 29 September 2013 ini mengisahkan tentang suatu masa di mana dunia ditinggali para raksasa setinggi 15 meter yang disebut Titans. Awalnya, Titans hidup berdampingan dengan manusia. Tapi tiba-tiba berubah menjadi ganas dan menjadikan manusia sebagai santapan.

Guna menyelamatkan diri, manusia membangun bangunan tembok raksasa setinggi 60 meter berlapis tiga : Wall Maria (tembok terluar), Wall Rose (tembok lapis tengah),dan Wall Sheena (tembok lapis terdalam). Para raksasa tidak dapat menembus tembok yang tinggi dan tebal itu, sehingga hidup manusia pun aman.

Namun 100 tahun kemudian, muncul raksasa dengan tinggi lebih dari 60 meter dan berhasil menghancurkan tembok pelindung tersebut. Para Titans menembus masuk dan memakan para manusia di dalam tembok.

Untuk menghadapi para raksasa, manusia pun membentuk Survey Corps, pasukan yang terdiri dari sekelompok pemberani yang menghadapi para Titans. Dan perang manusia dan Titans pun dimulai.

Serial ini menampilkan banyak adegan sadis yang sangat tidak pantas ditonton anak-anak. Mulai dari penggambaran para Titans yang tanpa busana (untung bagian alat kelaminnya dibuat kurang jelas, tapi tetap saja cukup "mengganggu"), hingga adegan para Titans memakan manusia yang ditampilkan dengan sangat detil, bahkan dalam jarak dekat. Sangat miris dan mengerikan. Jika hal itu belum terasa mengganggu, cobalah tonton perang yang dilakukan Survey Corps dan Titans yang berdarah-darah dan penuh adegan tubuh manusia tercerai-berai.



3. HIGHSCHOOL OF THE DEAD ( 学園黙示録 )
Serial anime yang diadaptasi dari manga berjudul sama karya Penulis Daisuke Sato dan Ilustrator Shoji Sato ini sebenarnya merupakan shonen manga (manga bertema remaja). Tapi entah mengapa, ceritanya justru sangat brutal dan berdarah-darah, sehingga sangat tidak pantas ditonton para remaja.

Ditayangkan 5 Juli - 20 September 2010, anime bertotal 12 episode ini mengisahkan tentang Jepang masa kini, di mana para penduduknya terjangkit sebuah pandemik yang mengubah manusia menjadi zombie. Zombie tersebut merangsek masuk ke sebuah SMA di mana para muridnya sedang belajar. Dan - seperti yang Anda duga - para zombie lapar itu langsung menyerang dan menggigiti para siswa. Siswa yang telah digigit, berubah menjadi zombie dan mengejar teman-temannya.

Dalam kekacauan itu, terdapat beberapa siswa yang berhasil selamat dari serangan zombie. Dengan susah-payah, mereka kabur dari sekolah menuju ke kota. Tapi ternyata kondisi di kota tidak lebih baik, namun lebih ngeri. Karena itu, para siswa itu memutuskan untuk kembali ke sekolah dan bersembunyi di sana.

Layaknya film zombie yang Anda ketahui, serial ini menampilkan banyak adegan sadis yang memuakkan, mulai dari organ dalam tubuh berserakan di jalan, para zombie yang memakan korbannya secara kanibal, hingga "penampakan" bagian tubuh yang tercerai-berai di mana-mana.



4. DEADMAN WONDERLAND (デッドマンワンダーランド )
Anime adaptasi dari manga berjudul sama karya Jinsei Kataoka dan Ilustrator Kazuma Kondou ini ditayangkan di Funimation Channel tangal 17 April - 3 Juli 2011 silam. Bersetting satu waktu di masa depan, Jepang mengalami gempa dasyat yang menyebabkan tiga perempat pulaunya tenggelam. Sepuluh tahun setelah kejadian itu, dikisahkan seorang remaja bernama Ganta Igarashi adalah salah satu korban selamat dari bencana tersebut. Dia mengalami amnesia pasca bencana tersebut, dan kemudian menjalani proses pengadilan karena dituduh membunuh teman-teman sekolahnya.

Ganta kemudian dimasukkan ke Deadman Wonderland, sebuah penjara ekslusif super ketat. Di tempat itu, Ganta dipasangi kerah besi yang setiap hari menyuntikkan racun ke dalam tubuhnya. Racun itu akan akan membunuh dalam waktu 72 jam, kecuali sang narapidana memakan permen di dalam mesin permen penjara. Dan permen itu hanya diberikan setiap tiga hari sekali.

Selain itu, Ganta kemudian terlibat dalam arena pertarungan hidup-mati dalam penjara yang dikenal dengan nama Carnical Corpse. Semua narapidana wajib ikut dan harus bertarung mati-matian. Siapa yang kalah, maka tubuhnya akan dimutilasi untuk keperluan riset laboratorium. Sedangkan yang menang, akan mendapat hadiah berupa Point, stok permen, dan hadiah lainnya.

Sama seperti anime yang saya ulas di atas, anime ini pun menampilkan banyak adegan seram, terutama mayat-mayat yang dibedah, potongan tubuh hasil mutilasi, serta adegan sadis lainnya (misalnya bola mata yang dicabut, darah mucrat, dan lain-lain).

Satu hal yang cukup mengganggu dari serial ini adalah penggambaran tentang pertarungan habis-habisan para narapidana di Carnical Corpse hanya untuk mendapatkan hadiah utama berupa permen. Tentu saja tontonan ini sangat berbahaya bagi anak-anak, karena bisa menginspirasi mereka melakukan tindakan sadis, hanya untuk mendapatkan apa yang mereka maui. Bayangkan saja : jika anak-anak menginginkan sesuatu tapi orang tuanya tidak membelikan. Bisa jadi mereka terinpirasi untuk mempraktekkan apa yang dilakukan para "gladiator" di Carnical Corrpse, yaitu membunuh orang tuanya agar mendapatkan apa yang mereka maui. Seram sekali, kan?



5. PARASYTE - THE MAXIM (寄生獣 セイの格率 )
Diadaptasi dari manga berjudul Parasyte karya penulis dan ilustrator Hitosi Iwaaki, anime bertotal 24 episode ini ditayangkan 8 Oktober 2014 - 25 Maret 2015.

Parasyte - The Maxim mengisahkan tentang remaja 17 tahun bernama Shinichi Izumi yang tinggal bersama orang tuanya. Satu waktu, bumi diserang oleh mahluk planet lain berbentuk ulat. Mahluk tersebut biasanya masuk melalui telinga dan menguasai otak manusia. Sang mahluk kemudian menjadikan manusia sebagai bonekanya dan hidup layaknya manusia pada umumnya.

Salah satu mahluk tersebut mencoba masuk ke telinga Izumi saat dia sedang tertidur. Namun karena Izumi mengenakan headphone, mahluk itu masuk melalui tangannya. Sebelum mahluk itu bergerak ke otak, Izumi sudah menahan gerak mahluk tersebut. Akibatnya mahluk itu tumbuh dan mengontrol tangan kanan Izumi. Bersama mahluk itu, Izumi kemudian banyak berhadapan dengan Parasites sejenis yang berniat menguasai dunia.

Tidak bisa dipungkiri kalau serial anime ini merupakan serial paling sadis dan mengerikan yang pernah saya tonton. Banyak adegan sadis yang muncul secara mendadak dan mengejutkan, membuat banyak penonton tidak siap menghadapi teror mental tersebut. Bagian paling memorabel (menurut saya) adalah di menit kedua Episode Pertama anime ini. Pada adegan itu diperlihatkan seseorang yang telah dirasuki Parasyte yang mencaplok dan memakan kepala istrinya dengan tiba-tiba. Jika penonton tidak kuat mental, sepertinya bakal muntah atau mengalami gangguan kejiwaan karena banyaknya adegan-adegan sadis yang mendadak muncul, dan tidak memberikan kesempatan penonton mempersiapkan diri.



6. CORPSE PARTY (コープスパーティー )
Diadaptasi dari video game berjudul sama hasil kreasil Makoto Kedoin, Corpse Party su sdah diadaptasi ke dalam 2 anime (Missing Footage dan Tortured Souls) dan 1 film layar lebar (Corpse Party).

Mengikuti pakem alur cerita yang sama dengan game-nya, Corpse Party mengisahkan tentang sekelompok siswa SMA Kisaragi Academy yang satu waktu setelah mengikuti festival kesenian di sekolah, memutuskan untuk tinggal di sekolah dan berbagi cerita hantu. Saat sedang menceritakan cerita tersebut, tiba-tiba terjadi gempa. Dan entah bagaimana, mereka tiba-tiba berpindah ke dimensi lain - yang kemudian dikenal dengan nama Nirvana - di mana mereka menemukan kalau sekolah mereka yang lama telah berganti nama menjadi SD Tenjin Shugakko. Ternyata di masa lalu, sekolah mereka dulunya adalah SD tersebut. Namun setelah terjadi kasus pembunuhan misterius terhadap beberapa siswa dan staf sekolah, sekolah itu dihancurkan.

Saat murid SMA Kisaragi sedang mencari jalan kembali ke alam mereka, diam-diam ada seseorang yang mengintai mereka. Satu demi satu pun tewas dibunuh. Kematian rekan-rekan mereka itu ternyata ada keterkaitan dengan kasus pembunuhan di SD Tenjin Shugakko di masa lalu.

Meski merupakan anime untuk remaja, tapi adegan di film ini tergolong sangat sadis dan mengerikan. Meski tidak menampilkan isi tubuh yang terburai atau potongan bagian tubuh, tetapi film ini menampilkan metode pembunuhan yang sangat menakutkan. Buat penonton umum, adegan tersebut mungkin bikin miris. Tetapi bagi orang yang punya tendensi psikopat, adegan-adegan tersebut bisa menginspirasinya untuk melakukan pembunuhan sadis yang "lebih kreatif".



7. THE FUTURE DIARY a.k.a. MIRAI NIKKI (未来日記 )
Meski judul dan DVD anime ini sangat "cute", jangan tertipu dan mengira anime ini cocok untuk anak-anak maupun remaja. Anime hasil adaptasi manga berjudul sama karya penulis dan ilustrator Sakae Esuno ini mengangkat tema yang mirip dengan Battle Royale. Buat Anda yang tidak tahu, Battle Royale adalah film Jepang yang pernah sangat populer di tahun 2000, di mana film itu menceritakan tentang para siswa nakal yang dikurung di sebuah pulau dan diharuskan untuk saling bunuh. Nah, Mirai Nikki pun mengangkat tema cerita yang mirip.

Yuki Amano adalah seorang siswi yang kesepian. Dia hanya berteman imajiner dengan Deus Ex Machina (Dewa Ruang dan Waktu) dan Murmur (asisten Deus). Yuki juga senang menulis diari. Tapi kemudian dia menemukan kalau di dalam diarinya termuat tulisan-tulisan yang bukan ditulis olehnya, di mana tulisan itu menceritakan tentang sebuah permainan. Tanpa disadari Yuki ternyata sudah masuk ke dalam sebuah permainan mengerikan di mana dia harus menemukan para kontestan permainan tersebut dalam 90 hari dan membunuh mereka. Jika tidak maka dunia akan berakhir.

Awalnya Yuki tidak berminat untuk mengikuti permainan itu. Tetapi ketika orang tuanya dibunuh oleh salah satu kontestan, Yuki berubah menjadi seorang pembunuh kejam yang tidak segan membunuh siapapun yang diduganya sebagai peserta permainan tersebut.

Serial animasi ini tergolong sadis dan - meski ditujukan untuk "pangsa pasar" anak-anak dan remaja - sangat tidak direkomendasikan untuk ditonton oleh penonton di bawah 21 tahun. Anime ini tidak saja mendorong para remaja untuk menjadi pembunuh, tetapi juga menampilkan banyak adegan di mana remaja "diizinkan" membunuh orang tuanya sendiri, dengan cara apapun, karena para orang tua adalah juga kontestan "permainan" bunuh-membunuh yang mengancam nyama mereka. Seram sekali, bukan? Terlebih anime ini sangat mengaburkan realita dan fantasi, dan dapat mempengaruhi mental anak-anak dan remaja yang masih labil.



8. SHIKI ( 屍鬼 )
Awalnya Shiki adalah novel bergenre horor karya Novelis Fuyumi Ono yang diterbitkan dalam 2 seri di tahun 1998. Novel itu ternyata sangat sukses, sehingga dirilis ulang di tahun 2002 tapi diubah menadi 5 seri. Di luar dugaan, novel itu justru jauh lebih sukses daripada penerbitan sebelumnya. Karena itu, novel Shiki kemudian diadaptasi dalam bentuk manga (digambar oleh Ryu Fujisaki) dan diterbitkan di Majalah Jump SQ bulan Desember 2007 - Juni 2011. Selain itu, novel itu pun diadaptasi jadi anime berjudul sama yang ditayangkan di Fuji Television tanggal 8 Juli - 30 Desember 2010.

Anime horor-misteri ini dibuka dengan kejadian di tahun 1990 di desa terpencil bernama Sotoba. Beberapa orang sedang melakukan pencarian seorang anak yang hilang di tengah hutan. Ternyata anak tesebut kemudian telah meninggal. Kematian anak itu bukan yang kasus pertama, karena serentetan kematian misterius terjadi pada penduduk desa tersebut. Penyelidikan polisi mengungkapkan kalau kematian ini ada kaitannya dengan Shiki, seekor mahluk sejenis vampir yang menjadi legenda desa tersebut. Mahluk tersebut menyaru sebagai salah seorang penduduk di desa itu, dan setiap saat mengincar para penduduk desa untuk menjadi korban berikutnya.

Sekilas, anime ini mirip dengan anime Detective Conan yang menampilkan nama dan pekerjaan setiap orang yang menjadi Karakter Utama dan "Tersangka" anime tersebut. Beberapa adegannya pun sangat mirip dengan adegan di Detective Conan. Tapi... jangan samakan anime ini dengan serial anak-anak tersebut, karena Shiki benar-benar kejam dan sadis. Mayat berwajah seram dan dikerubungi lalat dan belatung, potongan tubuh yang berserakan, serta metode pembunuhan keji yang dilakukan Shiki memenuhi hampir semua adegan di 20 episode anime ini.



9. GANTZ (ガンツ )
Anda punya banyak alasan untuk tidak memberikan izin buah hati Anda menonton anime populer ini. Gantz tidak saja anime tersadis saat ini, tetapi juga mengandung banyak adegan yang sangat tidak pantas ditonton anak di bawah umur 21 tahun : adegan bunuh diri, pemerkosaan yang brutal, bahkan adegan pembunuhan sadis, telanjang frontal, dan hubungan badan memenuhi anime bertotal 26 episode (yang terbagi dalam 2 Season) ini.

Diadaptasi dari manga karya Hiroya Oku, Gantz ditayangkan di Fuji Television tanggal 12 April - 18 November 2004. Cerita anime ini berpusat pada Kei Kurono dan Masaru Kato yang tertabrak kereta api, setelah mencoba menyelamatkan seorang pengemis yang terjatuh di rel kereta api. Pasca tertabrak, Kei dan Masaru menemukan diri mereka berada di dalam sebuah ruangan bersama beberapa orang lain - yang kelak diketahui sebagai orang-orang yang bunuh diri - dan di depan mereka terdapat sebuah bola hitam besar bernama "Gantz". Mereka kemudian mendapatkan tugas untuk membunuh mahluk ruang angkasa (Alien) yang menyamar sebagai manusia di bumi.  Setiap misi yang berhasil dituntaskan, mereka mendapatkan poin. Setelah mencapai 100 point, mereka dapat memilih untuk hidup lagi, mendapatkan senjata perang yang jauh lebih hebat, atau menghidupkan temannya yang tewas dalam misi Gantz.

Karena musuhnhya adalah "Alien" tentu saja adegan pembunuhan yang ditampilkan sangat brutal dan sadis. Meski tidak menampilkan darah, tetapi adegan ledakan dan potongan tubuh yang berserakan, hingga batok kepala yang terpotong hingga otak menyembul keluar, sungguh merupakan adegan yang sangat kejam dan mengerikan. Belum lagi adegan pemerkosaan dan hubungan badan yang ditampilkan dengan sangat vulgar, membuat saya merasa miris jika ada anak-anak yang sampai menonton anime ini.



10. NINJA SCROLL (獣兵衛忍風帖 )
Anime yang ditulis dan disutradarai Yoshiaki Kawajiri ini sangat populer di tahun 1993. Ceritanya sendiri diadaptasi dari novel Makai Tensho karya novelis Futaro Yamada, yang mengisahkan tentang Klan Yamashiro yang menemukan emas, kemudian menguasai emas itu untuk mereka sendiri. Siapapun yang mengetahui penemuan emas itu, dibunuh.

Lima tahun kemudian, para prajurit yang dibunuh Klan Yamashiro, bangkit dari kubur dan membentuk kelompok Ninja Iblis (Devils of Kimon). Selain membalas dendam pada klan Yamashiro, mereka pun berniat menguasai emas yang ditemukan klan tersebut.

Anime ini merupakan anime layar lebar yang tayang di bioskop dan menjadi salah satu film anime layar lebar populer yang sempat tayang juga di bioskop di Amerika Serikat. Jangan dikira film ini merupakan film anak-anak seperti Doraemon dan sejenis, karena film ini sangat tidak direkomendasikan untuk anak-anak. Mengapa? Karena selain penuh adegan pertarungan pedang yang sadis (banyak adegan tubuh terbelah dengan samurai serta bagian-bagian tubuh yang berserakan), film ini pun banyak menampilkan adegan pemerkosaan ramai-ramai, serta wanita telanjang dengan penggambaran alat kelamin yang sangat vulgar. Jelas film ini sangat tidak pantas ditonton anak-anak di bawah umur.

NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. corpse party sadis bener..
    Cek juga ke SINI

    ReplyDelete
  2. Keren..... tapi gk semuanya sadis kok...

    contohnya no 1 dan 2 menurutku gk sadis...

    ReplyDelete